Sustri, Deswina (2010) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Dikombinasikan dengan Peta Pikiran (Mind Map) di SMKN 1 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DESWINA_SUSTRI_67709_1958_2010.pdf
Download (182kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dikombinasikan dengan petapikiran (Mind Map di SMKN 1 Sijunjung.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (class room actionresearch) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TN 2 SMKN 1Sijunjung terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan.Penelitian ini dilakasanakan pada bulan April 2010. Terdiri dari dua siklus. SiklusI dan siklus II masing-masing dua kali pertemuan. Data yang dikumpulkan denganmenggunakan lembaran observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswapada siklus I dan II selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share dikombinasikan dengan peta pikiran (Mind Map)). Dan tes hasilbelajar digunakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaranyang diberikan selama penelitian yang diujikan pada setiap akhir siklus. Datayang diperoleh diolah dengan teknik persentase.Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas dan hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS Ekonomi dalam pembelajaran dengan model kooperatif Think PairShare dikombinasikan dengan peta pikiran (Mind Map) sudah menunjukkankemajuan yang berarti yaitu aktivitas positif kategori banyak siswa melakukandan aktivitas negatif sedikit siswa melakukan. Rata-rata hasil belajar yangdiperoleh siswa adalah 65,18%, dengan 19 orang siswa yang tuntas dari 28 orangsiswa. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSEkonomi mengalami peningkatan. Untuk aktivitas positif dapat dikategorikansiswa banyak dan sangat banyak melakukan. Untuk hasil belajar pada siklus IItelah diperoleh rata-rata 73,57% dengan 23 orang siswa yang tuntas dari 28 orangsiswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dapat meningkat denganpenggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dikombinasikandengan peta pikiran (Mind Map). Dan disarankan kepada guru untuk dapatmenggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dikombinasikandengan peta pikiran (Mind Map) sebagai salah satu cara untuk meningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonom
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PELAJARAN IPS EKONOMI, PETA PIKIRAN |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 07:05 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 07:06 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30828 |
