Pengaruh Perhatian Orangtua dan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui Motivasi Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang.

Gultom, Desima (2014) Pengaruh Perhatian Orangtua dan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui Motivasi Belajar Siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DESIMA_GULTOM_13292_1284_2014.pdf] Text
final_B1_DESIMA_GULTOM_13292_1284_2014.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh : 1) PerhatianOrangtua, 2) Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui 3) Motivasibelajar siswa SMA Pertiwi1 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitiandeskriptif dan korelasional, untuk menentukan ada tidaknya pengaruh perhatianorangtua dan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasibelajar siswa SMA Pertiwi 1 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAPertiwi 1 Padang semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 487orang siswa. Teknik penarikan sampel dengan proporsional random samplingyang berjumlah 83 orang siswa . Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitianini adalah data primer data dikumpulkan melalui angket dengan menggunakanskala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dan sekunder yaitu databerupa hasil belajar siswa SMA Pertiwi Padang. Teknikanalisis dataadalahanalisisdeskriptif, Ujiasumsiklasik: UjiNormalitasdanUjiHomogenitas, UjiModel, AnalisisJalur, danUjihipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Terdapat pengaruh langsung yangsignifikan antara variabel perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswaSMA Pertiwi 1 Padang. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antaravariabel teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa SMA Pertiwi 1 Padang.(3)Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel perhatianorangtua terhadap hasil belajar siswa SMA Pertiwi 1 Padang. (4) Tidak terdapatpengaruh langsung yang signifikan antara variabel teman sebaya terhadap hasilbelajar siswa SMA Pertiwi 1 Padang. (5) Terdapat pengaruh langsung yangsignifikan antara variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMAPertiwi 1 Padang. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwavariabel perhatianorangtua dan teman sebaya tidak memberikan pengaruh langsung terhadap hasilbelajar melainkan pengaruh tidak langsung yaitu melalui motivasi belajar.Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak orangtua siswa untuklebih meningkatkan perhatiannya kepada anak. Teman sebaya disekolah dalammembantu dalam meluangkan waktu dan membantu dalam belajar sesama temansebaya disekolah lebih ditingkatkankan lagi. Begitu juga dengan motivasi belajarsiswa dalam mencari kasus-kasus ekonomi dikoran dan menyelesaikan soal-soalekonomi, agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ORANGTUA, TEMAN SEBAYA, HASIL BELAJAR EKONOMI, MOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:23
Last Modified: 24 Nov 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/30588

Actions (login required)

View Item
View Item