Pengaruh Minat Belajar dan Cara Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu SMP N 3 Sawahlunto.

Susanto, Dery Eko (2011) Pengaruh Minat Belajar dan Cara Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu SMP N 3 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DERY_EKA_SUSANTO_08063_2591_2011.pdf] Text
final_B1_DERY_EKA_SUSANTO_08063_2591_2011.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh minat belajardan cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu untuk itu dilakukanpenelitian di SMP N 3 Sawahlunto.Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa - siswi SMP N 3 Sawahlunto TA 2010/2011 yangberjumlah 487 orang. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Slovin,sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Stratified proporsionalrandom sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang siswa. Data yangdianalisis adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran angket denganskala Likert dan data sekunder diperoleh dari data hasil belajar mata pelajaran IPSTerpadu siswa SMP N 3 Sawahlunto semester ganjil 2010/2011. Sedangkan analisisdata menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji normalitassebaran data, uji homogenitas varians, uji multikolinearitas dan regresi linear berganda,uji hipotesis yaitu uji parsial (uji T) dan uji simultan (uji F) dengan α 5 %.Temuan penelitian ini menunjukan bahwa data nilai rata - rata hasil belajar adalah72,69. Skor rata - rata variabel minat belajar adalah 3,58 dengan TCR 71,69%dikategorikan memiliki minat baik dalam belajar dan skor rata - rata variabel carabelajar adalah 3,12 dengan TCR 62,39%, yang artinya siswa mempunyai cara belajarbaik dalam belajar. Sedangkan dari analisis inferensial menunjukkan bahwa: (1)terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu,dimana t-hitung > t-tabel (2,392 > 1,989) (Sig = 0,019 < α = 5 %). (2) terdapat pengaruhyang signifikan cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu, dimana t-hitung besardari pada t-tabel (3,810 > 1,989) (Sig = 0,000 < α = 5 %). (3) terdapat pengaruh yangsignifikan antara minat belajar dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPSTerpadu, dimana nilai F-hitung > F-tabel (11,096 > 3,108) (Sig = 0,000 < α = 5 %).Sumbangan secara bersama - sama minat belajar dan cara belajar terhadap hasil belajarIPS Terpadu sebesar 21,3 % dan selebihnya 78,7 % dipengaruhi oleh faktor yang tidakditeliti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR, CARA BELAJAR SISWA,HASIL BELAJAR IPS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 07:22
Last Modified: 20 Nov 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item
View Item