Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO Kabupaten Agam.

Rizka, Denti (2011) Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DENTI_RIZKA_73772_2928_2011.pdf] Text
final_B1_DENTI_RIZKA_73772_2928_2011.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajarmelalui penerapan model pembelajaran Cooperatif tipe Make A Match pada matapelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTOKabupaten Agam .Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakansecara kolaborasi dengan guru bidang studi dan teman sejawat yang bertindaksebagai obsever dan peneliti sebagai guru mata pelajaran IPS Terpadu. Objekpenelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP N 2 Kecamatan IV KOTO KabupatenAgam. Jumlah siswa kelas VIIA sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 9 orang siswaperempuan dan 11 orang siswa laki-laki.Hasil penelitian ini memperlihatkan temuan secara keseluruhan baikaktivitas belajar maupun hasil belajar. Dari siklus I rata-rata aktivitas positif55,3%, pada siklus II meningkat menjadi 66,75%, pada siklus III meningkatmenjadi 69,25% dan pada siklus IV meningkat menjadi 83,25%. Sedangkanaktivitas negatif mengalami penurunan yaitu siklus I rata-rata aktivitas negatif39,38%, pada siklus II menurun menjadi 34,38%, pada siklus III menurun menjadi22,5%, dan pada siklus IV menurun menjadi 15%. Perbedaan pada Siklus I, II, IIIdan IV terdapat dari cara guru membagi kelompok dan penggunaan media ajar.Hasil belajar siswa juga meningkat dari 63,75% menjadi 70,8% siswa yang tuntaspada siklus IV.Penelitian ini menyarankan kepada: 1) kepala sekolah hendaknya dapatmensosialisasikan model pembelajaran cooperatif tipe Make A Match khususnyapada guru IPS Terpadu, 2) guru agar dapat mengaplikasikan model pembelajarancooperatif tipe Make A Match dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:35
Last Modified: 20 Nov 2025 03:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29574

Actions (login required)

View Item
View Item