Saputra, Dedi (2010) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Lewin terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_DEDI_SAPUTRA_65082_1908_2010.pdf
Download (257kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasilbelajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Lewindengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Penelitian inidilaksanakan pada pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 IV KotoKabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakanrancangan penelitian Teknik The non Equivalent pretest-pottest control group.Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 IV Koto.Penelitian ini dilakukan dengan menggunkan penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 IV KotoKabupaten Agam, dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas X4 SMA Negeri 1IV Koto Kabupaten Agam, siswa kelas X5 SMA Negeri 1 IV Koto KabupatenAgam sebagai kelas control. Data diperoleh dari hasil tes formatif mengenaipokok bahasan “Uang dan Perbankan”. Data dianalisis dengan menggunakanstatistik deskriptif dan inferensial, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitasdan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen79.23 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 74.29, sedangkan t-testmenunjukkan bahwa thit = 4,3768 dan ttab = 3,01 pada α = 0,05 sehingga thit < ttabartinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa yangdiajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Lewin. Dengan kata lainterdapat pengaruh yang berarti penggunaan model Lewin dalam pembelajaranekonomi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajarandengan menggunakan model Lewin dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1IV Koto Kabupaten Agam, disarankan sebaiknya guru menggunakan modelpembelajaran Lewin dalam proses pembelajaran ekonomi sebagai alat bantumengajar karena dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar dan lebihmemahami materi pelajaran.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN LEWIN, HASIL BELAJAR EKONOMI |
| Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:52 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:52 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29289 |
