Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran System S-RUN di SMA Pembangunan UNP. (Classroom Action Research).

Sandra, David Anshurrullah (2010) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran System S-RUN di SMA Pembangunan UNP. (Classroom Action Research). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_DAVID_ANSHURRULLAH_SANDRA_67720_1983_2010.pdf] Text
final_B1_DAVID_ANSHURRULLAH_SANDRA_67720_1983_2010.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan modelpembelajaran System S-RUN. Dengan model pembelajaran System S-RUN inidiharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar,sehingga dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Pembangunanlaboratorium Universitas Negeri Padang.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionResearch) yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan guru bidang studi yangbertindak sebagai observer, dimana peneliti melakukan tindakan sebagai gurumata pelajaran ekonomi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas Xa SMAPembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei2010. Terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing dua kalipertemuan. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan sesuai dengan langkahlangkah dalam model pembelajaran System S-RUN berupa lembaran observasi, inidigunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama proses belajar mengajardengan cara memberikan tanda checklist pada alternatif tertentu. Data tersebutdigunakan untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada siklus I dan IIselama penerapan model pembelajaran System S-RUN. Sedangkan tes hasil belajardigunakan untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yangdiberikan selama penelitian yang diujikan pada setiap akhir siklus. Data yangdiperoleh diolah dengan teknik persentase dan maen score.Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswadalam pembelajaran dengan model pembelajaran System S-RUN sudahmenunjukkan kemajuan yang berarti yaitu adanya aktivitas yang berupa padakriteria baik sekali. Aktivitas yang masih baik berada pada indikator aktivitasmempresentasikan materi dengan rata-rata 64,10%, kerjasama kelompok denganrata-rata 71,79%, sedangkan menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapatberada pada kriteria cukup, dengan rata-ratan masing-masingnya yaitu 59,97%,56,41%. Hasil belajar yang diperoleh oleh siswa rata-rata 72,69, dengan 32 orangsiswa yang tuntas dari 39 orang siswa. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajarekonomi mengalami peningkatan. Untuk aktivitas siswa dapat dikategorikan baiksekali. Untuk hasil belajar pada siklus II telah diperoleh rata-rata 73,92 dengan 37orang siswa yang tuntas dari 39 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas danhasil belajar ekonomi siswa dapat meningkat dengan penerapan modelpembelajaran Sytem S-RUN.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, MODEL PEMBELAJARAN SYSTEM S-RUN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:34
Last Modified: 14 Nov 2025 06:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/29167

Actions (login required)

View Item
View Item