Pengelolaan Program Pendidikan Karakter Siswa pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang

Pratama, Afrinanda (2028) Pengelolaan Program Pendidikan Karakter Siswa pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AFRINANDA_PRATAMA_14002047_4170_2018.pdf] Text
B1_01_AFRINANDA_PRATAMA_14002047_4170_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang menunjukkan bahwa pengelolaan program pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang kurang terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami tentang pengelolaan program pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang dilihat melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Kemudian pertanyaan penelitian yang akan diajukan yaitu bagaimanakah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program pendidikan karakter pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana penelitian yang dilakukan untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti sehingga dengan demikan memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui dan memahami tentang pengelolaan program pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. teknik analisis data yang digunakan adalah dari wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program pendidikan karakter siswa pada Sekolah Dasar di Yayasan Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang meliputi : 1) Perencanaan Program Pendidikan Karakter terlaksana dengan cukup baik, 2) Pengorganisasian Program Pendidikan karakter dikategorikan cukup baik, 3) Pelaksanaan program pendidikan karakter terlaksana dengan cukup baik, dan 4) pengawasan program pendidikan karakter terlaksana dengan cukup baik. Hanya saja secara keseluruhan pengelolaan program pendidikan karakter dikategorikan cukup baik akan tetapi masih belum optimal. Oleh karena itu sekolah dan yayasan perlu menindaklanjuti pengelolaan program pendidikan karakter di Sekolah Dasar secara optimal dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:27
Last Modified: 27 Feb 2025 03:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item
View Item