Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa kelas IV SDN 63 Surabayo Kabupaten Agam.

Nurnaini, Nurnaini (2010) Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa kelas IV SDN 63 Surabayo Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NURNAINI_09307_2132_2011.pdf] Text
final_B1_NURNAINI_09307_2132_2011.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan dilapangan dalampembelajaran matematika khususnya di kelas IV SDN 63 Surabayo KecamatanLubuk Basung. Dalam pembelajaran Materi menentukan FPB dan KPK dengandua angka merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa SDkhususnya di kelas IV. Untuk itu, menurut Sri (2006:67) “Konsep pembelajaranmencari FPB dan KPK memuat istilah factor, kelipatan dan persekutuan yangperlu diperkenalkan kepada siswa dapat ditanamkan kepada siswa SD melaluikegiatan siswa.” hasil belajar siswa tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan diSD ini yaitu 70. Hal ini penyebabnya antara lain (a) penggunaan tipepembelajaran yang tidak bervariasi sehingga kegiatan pembelajaran cenderungkaku dan berlangsung satu arah akibatnya siswa kurang termotivasi dalammengikuti kegiatan pembelajaran, (b) kurangnya fasilitas dan penggunaan sumberbelajar yang relevan yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran sehinggapencapaian hasil belajar siswa kurang maksimal.Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelasdibidang pendidikan dan pengajaran matematika dengan materi tentangmenentukan kelipatan persekutuan terkecil dan faktor persekutuan terbesar.Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan menggunakan model siklus. Modelsiklus ini mempunnyai empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri 63 Surabayo Kec. Lubuk Basung Kab. Agam, yang berjumlah 40 orang,20 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan.Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajarankooperatif dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siklus Idan II mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada siklus I 72,75 dan padasiklus II 78,75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaranmatematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipeStudent Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 24 Oct 2025 09:49
Last Modified: 24 Oct 2025 09:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27740

Actions (login required)

View Item
View Item