Hazizah, Nur (2011) Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak melalui Kegiatan Outbound di Kelompok B1 TK Mutiara Ananda Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NUR_HAZIZAH_88499_3350_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NUR_HAZIZAH_88499_3350_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NUR_HAZIZAH_88499_3350_2011.pdf
Download (591kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena masih rendahnya kecerdasanemosional anak di kelompok B1 TK Mutiara Ananda Tabing Padang. Tujuan penelitianini adalah Mampu mengembangkan kecerdasan emosional anak melalui kegiatanoutbound, dan membantu anak didik dalam mengekspresikan emosionalnya secarapositif, serta kemampuan memahami perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain,kemampuan memotivasi diri sendiri dan orang lain, dan kemampuan mengelola emosiyang baik pada diri sendiri dan hubungannya dengan orang lain.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Room ActionReseach). Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B1 TK Mutiara AnandaTabing Padang yang terdiri dari 14 orang anak pada semester 2 tahun ajaran 2010-2011.Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi dandokumentasi. Teknik dan analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumuspersentase tabel frekuensi dengan teknik deskriptif persentase.Temuan penelitian adalah secara umum kecerdasan emosional anak melaluikegiatan outbound dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat terdapat peningkatanperkembagnan kecerdasan emosional anak dalam pengenalan diri dan harga diri yangmana pada siklus I masuk dalam kategori kurang, sedangkan pada siklus II sudahbanyak anak yang mampu dalam pengenalan diri dan harga diri. Terdapat peningkatanyang sangat berarti dalam pengendalian dan harga diri, dan terdapat peningkatanperkembangan emosional anak yang signifikan dengan metode outbound denganpersentase pencapaian 74,05%. Melalui kegiatan outbound mampu mengembangkankecerdasan emosional.Sebaiknya guru menggunakan metode yang benar-benar tepat dalammengambangkan kecerdasan emosional anak. Sekolah dan dinas pendidikan KotaPadang sebaiknya menyediakan sarana yang dapat mengembangkan kecerdasanemosional anak dengan optimal. Diharapkan para orangtua mampu menjadi model danmampu mengontrol perkembangan emosional anak supaya perkembangan anak dapatberkembang dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN EMOSIONAl ANAK, KEGIATAN OUTBOUND |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27372 |