Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Antara Model Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Secara Individual dan Berkelompok di Kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto.

Susrianti, Nova (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Antara Model Pembelajaran Aktif Tipe Prediction Guide Secara Individual dan Berkelompok di Kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVA_SUSRIANTI_65100_2010.pdf] Text
final_B1_NOVA_SUSRIANTI_65100_2010.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaransering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Banyak modelpembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar seringdigabungkan dengan berbagai variasi. Di antaranya adalah model pembelajaranaktif tipe Prediction Guide. Model pembelajaran aktif tipe Prediction Guidedilakukan secara individual dan berkelompok. Model pembelajaran aktif tipePrediction Guide ini sama-sama memiliki kekuatan dan kelemahan. Untukmelihat kemungkinan mana yang terbaik maka dilakukan suatu penelitian yangberbentuk eksperimen. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalahdalam penelitian ini yaitu, apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasilbelajar Ekonomi antara model pembelajaran aktif tipe Prediction Guide secaraindividual dan berkelompok di kelas X di SMAN 2 Kota Sawahlunto. Hipotesispenelitian adalah terdapat perbedaan signifikan hasil belajar ekonomi denganmenggunakan model pembelajaran aktif tipe Prediction Guide secara individualdan menggunakan model pembelajaran aktif tipe Prediction Guide secaraberkelompok di kelas X di SMAN 2 Kota Sawahlunto.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitianadalah siswa kelas X SMAN 2 Kota Sawahlunto. Teknik pengambilan sampelpenelitian adalah Purposive Random Sampling Data primer dari penelitian inidiperoleh dari tes hasil belajar siswa. Sebelum tes diberikan terlebih dahulu soaltes diujicobakan, kemudian hasil ujicoba dianalisis validitas, daya beda, tingkatkesukaran dan reliabilitas soal tersebut. Selanjutnya untuk menguji perbedaanhasil belajar kedua kelas sampel digunakan uji Z.Hasil penelitian ini menunjukkan pada hasil pos test (tes akhir) diperolehnilai Zhitung < Ztabel (-6,4711 < -1,96 ) yang membuktikan hipotesis diterima padataraf kepercayaan 95%. Dengan demikaian dapat disimpulkan terdapat perbedaansignifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran aktiftipe Prediction Guide yang dilakukan secara individual dan berkelompok

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, MODEL PEMBELAJARAN AKTIF
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:44
Last Modified: 16 Oct 2025 04:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item
View Item