Riati, Nova (2011) Pengaruh Proses Akademik terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NOVA_RIATI_84690_4890_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NOVA_RIATI_84690_4890_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NOVA_RIATI_84690_4890_2011.pdf
Download (640kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh Dosen terhadap HasilBelajar. 2) Pengaruh Kurikulum terhadap Hasil Belajar. 3) Pengaruh Saranaterhadap Hasil Belajar. Dan 4) Pengaruh Proses Akademik terhadap Hasil Belajar.Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat deskriptifasosiatif. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Program Studi PendidikanEkonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (PSPE-FE-UNP).Pemilihan sampel dengan metode cluster sampling. Data yang digunakan dalampenelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data denganteknik wawancara dan penyebaran kuesioner mahasiswa PSPE-FE-UNP. Analisisyang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji t untuk melihat pengaruhvariabel dosen, kurikulum dan sarana secara terhadap hasil belajar.Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) Dosen berpengaruh signifikanpositif terhadap hasil belajar, dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > t tabel yaitu 17.275 > 1,645 (H1 diterima). 2) Kurikulum berpengaruhsignifikan positif terhadap hasil belajar, dimana nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dannilai t hitung > t tabel yaitu 6.099 > 1,645 (H2 diterima). 3) Sarana berpengaruhsignifikan positif terhadap hasil belajar, dimana nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dannilai t hitung > t tabel yaitu 3.408 > 1,645 (H3 diterima). 4) Proses Akademik secarasimultan berpangaruh terhadap hasil belajar (H4 diterima).Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan perlu adanya perbaikanstruktur pembelajaran oleh dosen sehingga pengaruh dosen dalam pembelajarandapat lebih ditingkatkan. Perbaikan dalam pengembangan kurikulum agar lebihsistematis. Sosialisasi penggunaan sarana dan peningkatan kualitas saranaperibadatan sehingga berpengaruh terhadap kualitas pembangunan karaktermahasiswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PROSES AKADEMIK, PENDIDIKAN EKONOMI, HASIL BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27014 |