Efektivitas Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Kesamping bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subjec Research kelas DIII/C di SLB Negeri 2 Padang

Mardiana YR, Nova (2011) Efektivitas Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Kesamping bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subjec Research kelas DIII/C di SLB Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NOVA_MARDIANA_YR_72189_2011.pdf] Text
final_B1_NOVA_MARDIANA_YR_72189_2011.pdf

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada seorang anak tunagrahita ringan kelas Dasar III.Dalam belajar matematika turutama penjumlahan deret kesamping di kelas anaksering mendapatkan nilai yang rendah atau kurang dari KKM ( Kriteria KetuntasanMinimum) yaitu 65. Maka dari itu peneliti ingin meningkatkan kemampuanmengoperasikan penjumlahan deret kesamping mengunakan media power point bagianak tunagrahita ringan. Tujuannya adalah agar anak dapat menyelesaikan soalpenjumlahan deret kesamping.Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengandesain A-B. Data dikumpulkan dengan pengamatan langsung. Data direkammenggunakan persentase analisis visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisidan antar kondisi.Setelah data dianalisis, diperoleh hasil: panjangnya kondisi Baseline adalahenam kali pengamatan, selama enam hari. Sedangkan panjang kondisi treatmentdelapan kali pengamatan selama delapan hari. Arah kecenderungan data baselineyang menunjukkan kemampuan penjumlahan deret kesamping anak naik (+) turun (-) dan mendatar (=), sedangkan pada kondisi treatment menunjukkan kemampuanpenjumlahan deret kesamping anak lebih meningkat (+). Pada kondisi baseline levelperubahan kemampuan penjumlahan deret kesamping anak adalah (+20) menit, untuktreatment level perubahannya adalah (+30) menit. Hasil analisis antar kondisimenunjukkan: Jumlah variabel yang dirubah adalah satu yaitu kemampuanpenjumlahan deret kesamping anak, dengan persentase overlap adalah 0%, artinyaterdapat peningkatan kemampuan penjumlahan deret kesamping anak mengunakanmedia power point bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jadidisarankan kepada bapak/ ibu guru yang mengajar di SLB Negeri 2 Padang dapatmengunakan media power point dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUNAGRAHITA RINGAN, KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DERET
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:40
Last Modified: 16 Oct 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/27001

Actions (login required)

View Item
View Item