Afriyarma, Nova (2009) Pengaruh Penggunaan Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII di SMPN 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_NOVA_AFRIYARMA_NINGSIH_63728_05_09.pdf
Download (162kB)
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dari materi menuntut gurumencari berbagai upaya untuk memilih media yang tepat untuk meningkatkan hasilbelajar siswa, di antaranya dengan menggunakan power point sebagai media dalampembelajaran. Tujuan penelitian ini melihat seberapa besar pengaruh penggunaan powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas VII semester IISMP N 31 Padang Tahun Pelajaran 2008/2009.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen.Populasi diambil dari seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada semester IITahun Pelajaran 2008/2009. Penarikan sampel dengan purposive sampling dan instrumenyang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda yang dianalisis dengan uji F.Hasil uji F menunjukkan bahwa kelas unggul yang menggunakan power pointberbeda secara signifikan dari kelas biasa, baik yang menggunakan power point maupunyang tidak menggunakan power point. Hasil belajar siswa yang menggunakan powerpoint pada kelas biasa tidak berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa kelasbiasa yang tidak menggunakan power point, walaupun rata-rata hasil belajar siswa yangmenggunakan power point lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang tidakmenggunakan power point.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PELAJARAN GEOGRAFI |
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
| Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:59 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 08:59 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26929 |
