Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Mulyani, Tri (2020) Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA). Bachelor/Skripsi thesis, Pendidikan Ekonomi.

[thumbnail of B1_01_TRI_MULYANI_16053031_3214_2020.pdf] Text
B1_01_TRI_MULYANI_16053031_3214_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan mengetahui keefektifan ensiklopedia berbasis teknologi sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan metode literature review, yang sumbernya didapat dari website Google Scholar yang bermasalah dalam 5 tahun terakhir. Dari 8 artikel ditemukan pengembangan ensiklopedia berbasis tenologi sebagai sumber belajar yang sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, 4-D, dan model pengembangan Borg and Ball. Kemudian dalam penggunaan ensiklopedia sumber belajar berbasis teknologi ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran baik di ruang kelas maupun mandiri di rumah. Maka, pengembangan ensiklopedia sumber belajar berbasis teknologi mampu menjadi sumber belajar selain buku ajar yang digunakan siswa untuk menambah wawasan, memperkaya informasi dan pemahaman serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Kesimpulan: Studi pustaka ini menemukan penggunaan ensiklopedia berbasis teknologi sebagai sumber belajar. Ensiklopedia berbasis teknologi merupakan salah satu sumber pembelajaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan motivasi, hasil belajar, minat baca untuk menambah wawasan, pengetahuan dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, ensiklopedia, sumber belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:10
Last Modified: 23 Jan 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item
View Item