Evaluasi Penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) pada Penanganan Anak Autisme di Pusat Terapi Autis Yayasan Bina Mandiri (BIMA) SLB Khusus Autis dan Pusat Layanan Plus PAUD, TK, SD Khusus Autis.

Hazri, Nicho (2011) Evaluasi Penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) pada Penanganan Anak Autisme di Pusat Terapi Autis Yayasan Bina Mandiri (BIMA) SLB Khusus Autis dan Pusat Layanan Plus PAUD, TK, SD Khusus Autis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NICHO_HAZRI_72528_2011.pdf] Text
final_B1_NICHO_HAZRI_72528_2011.pdf

Download (266kB)

Abstract

Kata autisme berasal dari bahasa Yunani “auto” berarti sendiri yangditunjukan pada seseorang yang menunjukkan gejala “hidup dalam dunianyasendiri”. Autis adalah suatu gangguan perkembangan yang kompleks menyangkutkomunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi. Autisme juga merupakangangguan dalam perkembangan neurobiologis yang berat atau luas, terjadi padaanak dalam tiga tahun pertama kehidupan. Cara berfikir autistic adalah berpusatpada diri sendiri, percaya bahwa kejadian-kejadian eksternal mengacu pada dirisendiri. Untuk menangani autis ini salah satu caranya yaitu dengan menggunakanmetode Applied Behavior Analysis (ABA). Metode ABA ini didasarkan padaasumsi bahwa setiap perilaku mengandung konsekuensi dan metode pengajaranperilaku yang dilakukan dengan tidak melalui ”coba dan salah” (trial and eror)tetapi melalui perancangan tahapan perilaku serta mendasarkan proses pengajaranpada pemberian stimulus (instruksi), respon individu (perilaku) dan konsekuensi(akibat perilaku).Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian, penulisandan penyusunan ini dilakukan berdasarkan data-data kualitatif, dimana data-datayang penulis peroleh lebih banyak berupa data-data non angka. Dimana dalampenelitian ini menggunakan sample yaitu terapis yang menggunakan terapi ABAsebagai salah satu penanganan dalam menyembuhkan autis yang bertempat diYayasan Bina Mandiri (BIMA) SLB Khusus Autis dan Pusat Layanan PlusPAUD, TK, SD khusus autis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penerapan metode ABApada penanganan anak autis di pusat terapi autis, menunjukan bahwa pandanganterapis mengenai terapi ABA adalah suatu terapi yang efektif untuk penyembuhananak autis dan pelaksanaan metode ABA di pusat terapi ini telah sesuai dengankonsep dari terapi itu sendiri, serta adanya perubahan perilaku pada anak autissetelah mendapatkan terapi tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE APPLIED BEHAVIOR, ANAK AUTIS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:05
Last Modified: 03 Oct 2025 07:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item
View Item