Syahril, Netti (2011) Penerapan Metode Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X3 SMAN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NETTI_SYAHRIL_73703_1427_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NETTI_SYAHRIL_73703_1427_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NETTI_SYAHRIL_73703_1427_2011.pdf
Download (343kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode CourseReview Horay. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkanmotivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi diSMAN 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yangdilaksanakan secara kolaborasi dengan guru bidang studi dan teman sejawat yangbertindak sebagai observer dan peneliti sebagai guru mata pelajaran Ekonomi.Objek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMAN 13 Padang terdiri dari 16 orangsiswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakasanakan padatanggal 15 November-02 Desember 2010. Terdiri dari tiga siklus. Siklus I terdiridari satu kali pertemuan, siklus II satu kali pertemuan dan siklus III satu kalipertemuan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasiuntuk melihat perubahan motivasi belajar siswa pada siklus I, siklus II dan siklusIII selama menggunakan metode Course Review Horay dan tes .Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas belajar siswa pada mata pelajaranEkonomi dalam pembelajaran dengan metode Course Review Horay sudahmenunjukkan kemajuan yang berarti yaitu motivasi yang dilihat dari aktivitasbelajar siswa awalnya termasuk kategori rendah meningkat menjadi kategorisedang dan tinggi. Motivasi yang dilihat dari aktivitas belajar siswa yang masihrendah berada pada indikator minat dan konsentrasi yaitu mengajukan pertanyaandan menjawab pertanyaan rata rata 59% dan menjawab pertanyaan rata-rata58,5% dengan kriteria cukup. Pada siklus II dan siklus III motivasi dalam aktivitasbelajar Ekonomi siswa mengalami peningkatan. Untuk motivasi belajar siswadapat dikategorikan baik dan baik sekali. Persentase ketuntasan hasil belajar siswasebesar 39,47% dan meningkat menjadi 86% dan nilai rata-rata juga meningkatdari 58,68 pada siklus I menjadi 80,39 pada siklus III.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi yangdilihat dari aktivitas belajar Ekonomi siswa dapat meningkat denganmenggunakan metode Course Review Horay. Dan disarankan kepada guru untukdapat menggunakan metode Course Review Horay sebagai salah satu cara untukmeningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaranEkonomi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:51 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26119 |