Wati, Selfina (2011) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SELFINA_WATI_88933_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SELFINA_WATI_88933_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SELFINA_WATI_88933_2011.pdf
Download (283kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh : 1) Pengaruh
Perhatian Orang tua terhadap Motivasi belajar siswa Kelas XI SMA N 6 Padang.
2) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar
Ekonomi Siswa Kelas XI SMA N 6 Padang.
Jenis
penelitian
yang dilakukan adalah Penelitian Deskriptif
Korelasional dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA N 6 Padang tahun
ajaran 2010-2011 yang berjumlah 109 orang siswa, dan sampel nya 52 orang .
Variabel penyebab dalam penelitian ini adalah Perhatian orang tua (X1), dan
Motivasi Belajar (X2), sedangkan Variabel akibat adalah Hasil belajar (Y). Data
dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji
Validitas dan Realibilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah (Path
Analysis) dengan menggunakan Program Statistical Product and Service Solution
(SPSS).
Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas XI
SMAN N 6 Padang, dimana level sig < α (0,006 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh
yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 6 Padang, dimana level sig < α ( 0,000 <
0,05 ).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 01:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 01:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26094 |