Nelwatra, Nelwatra (2011) Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini melalui Kegiatan Bermain di Area Pasir di TK Ruhama Koto Marapak Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_NELWATRA_79214_2011.pdf [thumbnail of final_B1_NELWATRA_79214_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_NELWATRA_79214_2011.pdf
Download (168kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perkembangankemampuan kognitif anak cukup rendah, di Taman Kanak-Kanak Ruhama KotoMarapak Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Secara umum Penelitianbertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini melaluikegiatan bermain di area pasir, secara khusus penelitian ini bertujuan untukmenggambarkan: 1) Peningkatan kecerdasan kognitif anak dalam mengenalbilangan dan konsep-konsep matematika sederhana melalui kegiatan bermain diarea pasir, 2) Peningkatan kecerdasan kognitif anak dalam mengenal bentukbentuk geometri melalui kegiatan bermain di area pasir, 3) Peningkatankecerdasan kognitif anak dalam mengenal ukuran melalui kegiatan bermain diarea pasirJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Subjek penelitianadalah anak dari kelompok B, TK Ruhama Koto Marapak Kec. Ampek AngkekKab. Agam, Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan jumlah 15 orang. Penelitiandilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama 2 bulan dan jumlahpertemuan sebanyak 6 kali. Tiap siklus terdapat 4 langkah penelitian 1)Perencanaan, 2) Pelaksanan, 3) Pengamatan, 4) Perenungan. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah melakukan observasi langsung ke kelompok B dan tesperbuatan untuk data digunakan alat berupa pedoman observasi dengan hasil teskemampuan. Teknik analisis data yaitu analisis dengan menggunakan rumuspersentase berdasarkan evaluasi penilaian.Temuan penelitian ini terdapat peningkatan dalam kemampuan kognitifanak dalam: 1) Mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal konsepmatematika sederhana. 2) Mengembangkan kemampuan anak dalam mengenalbentuk-bentuk geometri, 3) Kemampuan anak dalam mengenal ukuran jugaberkembang dengan baik. Dimana anak dapat mengembangkan kemampuankognitif mereka setelah melakukan kegiatan. Terbukti hasil presentase meningkatsiklus 1 ke siklus 11 maka, pertanyaan penelitian terjawab bahwa melalui bermaindi area pasir dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia. Saran daripenelitian ini agar guru dapat mengunakan pasir sebagai media untukmengembangkan kemampuan kognitif anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KECERDASAN KOGNITIF, ANAK USIA DINI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25880 |