Hubungan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes di SD Negeri No. 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang

Gunawan, Hendra (2011) Hubungan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes di SD Negeri No. 33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HENDRA_GUNAWAN_89816_2011.pdf] Text
final_B1_HENDRA_GUNAWAN_89816_2011.pdf

Download (352kB)

Abstract

Berawal dari kurang terlaksana dan rendahnya hasil belajar pembelajaran
penjasorkes di SD Negeri No.33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang. Penelitian
ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang sejauh mana motivasi siswa
terhadap pembelajaran penjasorkes di SD Negeri No.33 Kalumbuk Kecamatan
Kuranji Padang.
Penelitian ini berbentuk korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas V di SD Negeri No.33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang sebanyak 40
orang dan 1 orang guru yang mengajar di sekolah tersebut. Teknik sampel yang di
gunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpulan data adalah angket dengan
menggunakan skala likert dengan kategori sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak
setuju, dan sangat tidak setuju, serta menggunakan dokumentasi. Analisis data
menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat
hubungan yang berarti antara motivasi siswa terhadap hasil belajar penjasorkes di SD
Negeri No.33 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang, terbukti karena rhitung > rtabel
(0,928>0,312), dan juga terdapat hubungan yang signifikan antara kedua varibel
setelah dilakukan uji t. Yang mana t hitung = 15,28 > t tabel = 2,70. serta
memberikan kontribusi sebesar 86,1% sedangkan sisanya di pengaruhi oleh factor
lain. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran penjasorkes di SD Negeri No.33
Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang telah berjalan dengan baik. Meskipun
demikian, masih perlu di tingkatkan lagi pelaksanaanya sesuai dengan system
pengajaran pendidikan. Upaya yang dapat di lakukan dengan meningkatkan metode
pembelajaran, sarana dan prasarana, system penilaiannya, dukungan sekolah ataupun
orang tua dan kualitas guru tersebut

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:47
Last Modified: 26 Sep 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25710

Actions (login required)

View Item
View Item