Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Mind Mapping dan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Siswa yang Diajarkan dengan Metode Ceramah pada Kelas X SMU Negeri 6 Padang.

Susanti, Neliya (2010) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa yang Pembelajarannya Menggunakan Mind Mapping dan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap Siswa yang Diajarkan dengan Metode Ceramah pada Kelas X SMU Negeri 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_NELIYA_SUSANTI_46925_1174_2011.pdf] Text
final_B1_NELIYA_SUSANTI_46925_1174_2011.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentangperbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan mind mapping danlembar kerja siswa (LKS) terhadap siswa yang diajarkan dengan metode ceramahpada kelas X SMA Negeri 6 PadangJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian iniadalah kelas X SMA Negeri 6 Padang. Adapun kelas yang menjadi sampel dalampenelitian ini adalah kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32siswa dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa.Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data diperoleh darihasil belajar siswa diolah dengan teknik analisis deskriptif dan induktifHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifian hasilbelajar ekonomi siswa yang menggunakan mind mapping dan lembar kerja siswaterhadap siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Rata-rata nilai hasilbelajar kelas ekspereimen 7,30 dan koefisien varians sebesar 6,58% sedangkankelas kontrol rata-rata nilai hasil belajar ekonomi 7,04 dan koefisien varians6,82%. Dengan nilai Sig 0,000 < α 0,005 pada data pre test didapat Zhitung < Ztab(3,93 < 1,96) maka Ha diterima dan Ho ditolak, begitu juga dengan data post testdidapat Zhitung < Ztab (2,13 < 1,96) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinyaterdapat yang signifikan perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajaranyamenggunakan mind mapping dan lembar kerja siswa terhadap siswa yangdiajarkan dengan metode ceramah pada kelas X SMA Negeri 6 Padang.Saran dalam penelitian ini antara lain: (1) Dalam pengolahan data statistikhendaklah guru memvariasikan metode pembelajaran yang digunakan dalamproses belajar mengajar agar siswa tidak jenuh dalam belajar. (2) Guru hendaknyamemberikan apresiasi kepada siswa yang hasil belajarnya sudah baik agar siswalain ikut termotivasi dalam belajar. (3) Pembelajaran yang menggunakan mindmapping dan lembar kerja siswa adalah salah satu upaya untuk meningkatkanhasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR EKONOMI, LEMBAR KERJA SISWA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:06
Last Modified: 26 Sep 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25646

Actions (login required)

View Item
View Item