Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari

Maifitri, Mila (2016) Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MILA_MAIFITRI_13343_2016.pdf] Text
B1_05_MILA_MAIFITRI_13343_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh minat belajar dan
perhtian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri seKecamatan
Situjuah Limo Nagari, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Tepadu
SMP Negeri Situjuah Limo Nagari, dan pengaruh perhatian orangtua terhadap
hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri se-Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
VII dan VIII SMP Negeri seKecamtan Situjuah Limo Nagari sebanyak 80 orang
responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random
sampling. Data penelitian ini adalah data primer dans ekunder. Teknik analisis
penelitian adalah Regresi Berganda, sedangkan untuk pengolahan data
menggunakan SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Secara bersama-sama minat
belajar dan perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS
Terpadu SMP Negeri se-Kecamatan Situjuah Limo Nagari dengan nilai sig 0,000
< 0,05 yang membuktikan hipotesis diterima. (2) Minat belajar berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri seKecamatan
Situjuah Limo Nagari dengan nilai sig 0,036 < 0,05 yang membuktikan hipotesis
diterima, dan (3) Perhatian Orangtua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
IPS Terpadu SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari dengan nilai sig
0,005 < 0,05 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, untuk meningkatkan hasil belajar IPS
Terpadu siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari diharapkan
kepada siswa untuk selalu berkumpul dengan teman sekitar yang suka belajar,
diskusi dengan teman tentang hal-hal yang yang dianggap sulit sehingga dengan
demikian dapat mengurangi beban pikiran yang tadinya tidak tertarik jadi tertarik
untuk belajar. Dan diharapkan kepada orangtua untuk selalu menjadi teladan yang
baik bagi anak-anak dengan cara menjaga sikap di dekat anak agar anak meniru
hal tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:33
Last Modified: 25 Sep 2025 02:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item
View Item