Maisiska, Refina (2011) Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Siswa Kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_REFINA_MAISISKA_73780_1755_2011.pdf [thumbnail of final_B1_REFINA_MAISISKA_73780_1755_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_REFINA_MAISISKA_73780_1755_2011.pdf
Download (232kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kelas X yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Kelas sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X. sebagai kelas eksperimen dan kelas X. 11 i 9 sebagai kelas kontrol. Jenis data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Z dengan terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap varians kedua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction), yang dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,22 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 70,22, dari analisis uji Z diperoleh Z berarti Z hitung > Z tabel hitung 2,55 pada taraf kepercayaan 95 % dan Z sehingga hipotesis yang diajukan diterima, maka terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kedua kelas sampel. Akhirnya, untuk dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa, disarankan kepada guru untuk dapat mempertimbangkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa,Penelitian Eksperimen,SMA Kartika 1-5 Padang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:41 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25093 |