Pengaruh Motivasi, Emosi dan Kesiapan Siswa Dalam Mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomi Siswa pada SMP Negeri 13 Padang.

Mulhidayanti, Mulhidayanti (2010) Pengaruh Motivasi, Emosi dan Kesiapan Siswa Dalam Mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomi Siswa pada SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MULHIDAYANTI_33011_885-2011.pdf] Text
final_B1_MULHIDAYANTI_33011_885-2011.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis: (1)Pengaruh motivasi siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadusub Ekonomi terhadap hasil belajar siswa SMPN 13 Padang. (2) Pengaruhemosi siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomiterhadap hasil belajar siswa SMPN 13 Padang. (3) Pengaruh kesiapan siswadalam mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomi terhadaphasil belajar siswa SMPN 13 Padang. (4) pengaruh motivasi, emosi dankesiapan siswa secara bersama-sama dalam mempelajari Mata PelajaranIPS Terpadu sub Ekonomi terhadap hasil belajar siswa SMPN 13 Padang.Jenis penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi penelitianadalah seluruh siswa kelas VII dan kelas VIII SMPN 13 Padang yangberjumlah 871 orang. Sampel sebanyak 90 orang siswa, denganmenggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Data yangdigunakan berbentuk data primer dan data skunder, dengan menggunakanangket penelitian dan nilai mata Pelajaran dari guru ekonomi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi.Hasil penelitian adalah: (1) Tidak terdapat pengaruh signifikanantara motivasi siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadu subEkonomi terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu sub Ekonomisiswa pada SMP N 13 Padang (sig = 0,557), (2) Tidak terdapat pengaruhsignifikan antara emosi siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran IPSTerpadu sub Ekonomi terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadusub Ekonomi siswa pada SMP N 13 Padang (sig = 0,558), (3) Tidak terdapatpengaruh signifikan antara kesiapan siswa dalam mempelajari MataPelajaran IPS Terpadu sub Ekonomi terhadap hasil belajar Mata PelajaranIPS Terpadu sub Ekonomi siswa pada SMP N 13 Padang (sig = 0,464), (4)Tidak terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara motivasi,emosi dan kesiapan siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran IPS Terpadusub Ekonomi terhadap hasil belajar IPS Terpadu sub Ekonomi siswa padaSMP N 13 Padang (0,288).Saran yang penulis berikan adalah Perlu adanya upaya peningkatandan pengembangan dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar,selain dari faktor motivasi, emosi dan kesiapan, yaitu faktor intelegensi,perhatian, minat dan bakat, agar hasil belajar Mata Pelajaran IPS Terpadusub Ekonomi yang lebih baik dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, EMOSI, KESIAPAN SISWA, IPS TERPADU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Sep 2025 09:16
Last Modified: 19 Sep 2025 09:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24926

Actions (login required)

View Item
View Item