Gambaran tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Budi Mulia Padang.

Kusuma, Tesya Cahyani (2012) Gambaran tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Budi Mulia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_TESYA CAHYANI KUSUMA_01439_4350_2012.pdf] Text
final_B1_7_TESYA CAHYANI KUSUMA_01439_4350_2012.pdf

Download (564kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada anak di TK Budi Mulia yangsulit untuk mengungkapkan perasaannya dengan kata–kata dan anak–anak yangdapat mengucapkan kosakata akan tetapi tidak tahu maknanya. Serta di sekolahsudah menggunakan metode–metode dalam pengembangan bahasa tersebut diatas, tetapi dalam metode bernyanyi hanya sebatas untuk menghibur anak, dikalaanak jenuh dalam proses pembelajaran tanpa menekankan pada pengembanganbahasa anak.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peranan bernyanyi dalampengembangan bahasa anak dan untuk mengetahui bagaimanakah kegiatanbernyanyi dikembangkan di TK Budi Mulia Padang.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitiandeskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini bermanfaat bagi orang tua dalam membantu pemahamanorangtua akan pentingnya peranan bernyanyi dalam pengembangan bahasa anak.Masukan bagi Lembaga PAUD untuk memfasilitasi guru dalam merumuskankonsep dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di masa yang akan datang.Pedoman dalam pengembangan kemampuan bahasa melalui bernyanyi yangkreatif.Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pembahasan yaitu mengenaikegiatan bernyanyi dalam pengembangan bahasa anak. Bahwasanya kegiatanbernyanyi memiliki peranan dalam pengembangan bahasa anak dengan adaperencanaan dan pelaksanaan yang baik dari guru dan juga adanya rangsangandari guru dalam rangka pengembangan bahasa anak. Seluruh proses kegiatanbernyanyi dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan memerlukan kemampuanbahasa yang dimiliki oleh anak agar kegiatan bernyanyi berjalan dengan lancar.Peranan kegiatan bernyanyi terhadap perkembangan kemampuan bahasa padaumumya sudah sesuai dengan peranan kegiatan bernyanyi salah satu dapatmendukung kemauan anak berbicara dengan mengeluarkan kata-kata karenaadanya interaksi antara anak bersama temannya dalam melakukan kegiatanbernyanyi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHASA ANAK USIA DINI, BERNYANYI, PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:54
Last Modified: 11 Sep 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item
View Item