Syamsidar, Syamsidar (2015) Peningkatan Kreativitas Anak melalui Barang Bekas di Taman Kanak-kanak Islam Rasuna Said Maninjau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SYAMSIDAR_1209650_987_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_SYAMSIDAR_1209650_987_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SYAMSIDAR_1209650_987_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan anak dalam peningkatan kreativitas masih rendah, ketikamelaksanakan kegiatan membuat karya anak merasa kurang percaya diri dalammenyelesaikan tugasnya, anak cepat merasa bosan, anak sering minta bantuanguru untuk menyelesaikan tugasnya dan gurupun akhirnya membantumenyelesaikannya. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untukmeningkatkan kemampuan kreativitas anak dalam kegiatan membuat karya daribarang bekas. Subjek penelitian adalah anak-anak Taman Kanak-kanak IslamRasuna Said Maninjau, kelas B 4 yang berjumlah 15 orang anak.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom ActionReseach) yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan praktek pembelajaranyang dilaksanakan. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi danDokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasilpenelitian setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anakdalam kegiatan membuat karya dari barang bekas dari siklus I yang padaumumnya masih rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus II terjadipeningkatan.Pada hasil tindakan yang dilakukan melalui dua Siklus sudah nampakpeningkatan dari aspek yang diamati. Dimana Siklus I peningkatan kemampuankreativitas anak melalui kegiatan membuat karya dari barang bekas belummeningkat karena baru mencapai dua puluh persen belum mencapai batas KriteriaKetuntasa Minimal (KKM). Maka penelitian ini dilanjutkan pada Siklus II danSiklus II ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, pada Siklus II mengalamipeningkatan mencapai delapan puluh delapan persen. Karena sudah melebihibatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka penelitian ini dihentikan sampaidengan Siklus ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatanmembuat karya dari barang bekas dapat meningkatkan kreativitas anak di TamanKanak-kanak Islam Rasuna Said Maninjau yang melebihi batas KriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yaitu 75%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KREATIVITAS ANAK, KARYA, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 01:35 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23769 |