Nova, Wira Syafti Okta (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kata di Paud Riak Antokan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_INIRA_SYAFTI_OKTA_NOVA_57359_4592_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_INIRA_SYAFTI_OKTA_NOVA_57359_4592_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_INIRA_SYAFTI_OKTA_NOVA_57359_4592_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan membaca anak kelas B2 di PAUD Riak Antokan masih rendah. Hal ini terlihat pada kondisi awal dimana masih banyak anak kelas B2 yang belum mampu membaca kata sederhana, bahkan ada yang belum mengenal huruf. Pemilihan metode yang tidak tepat serta tidak efektifnya pemanfaatan media dan alat peraga oleh guru menjadi salah satu penyebab terjadinya kondisi ini. Penelitian yang peneliti lakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca anak kelas B2 di PAUD RiakAntokan melalui permainan bowling kata.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B2 di PAUD Riak Antokan Lubuk Basung yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 3 orang laki laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian pada siklus I kemampuan membaca anak pada umumnya telah mengalami peningkatan namun belum mencapai persentase tingkat keberhasilan. Maka dari itu penelitian dilajutkan kesiklus II, pada siklus II kemampuan membaca anak menjadi lebih meningkat dalam kategori sangat tinggi serta menunjukan hasil yang positif, terlihat dari perentase tingkat keberhasilan untuk setiap indikatornya, sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Kemampuan membaca anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan melalui kegiatan permainan bowling kata yang dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan bowling kata dapat meningkatkan kemampauan membaca anak di PAUD Riak Antokan Lubuk Basung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca, permainan bowling kata, penelitian tindakan kelas, PAUD, observasi dokumentasi. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:30 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23600 |