Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Jasa Transportasi (Jurusan Sawahlunto-Padang)

Ananta Wonianto, Mw (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Jasa Transportasi (Jurusan Sawahlunto-Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_08_ANANTA_WONIANTO_MW_1103398_2016.pdf] Text
final_B1_08_ANANTA_WONIANTO_MW_1103398_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Pelayanantransportasi terhadap pilihan konsumen dalam memilih jasa transportasi (2)pengaruh kenyamanan transportasi terhadap pilihan konsumen dalam memilihjasa transportasi (3) pengaruh tarif/harga tiket terhadap pilihan kmonsumen dalammemilih jasa transportasi (4) pengaruh pelayanan transportasi, kenyamanantransportasi, tarif terhadap pilihan konsumen dalam memilih jasa transportasi(jurusan Sawahlunto-Padang)Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif.Jenis datapenelitian adalah data primer dengan populasi penelitian seluruh masyarakat yangmenggunakan jasa transportasi (jurusan Sawahlunto-Padang).Teknik pengambilansampel adalah dengan accidential random sampling yaitu sebanyak 100 orang.Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan induktif melalui modellogistic yang terdiri atas uji chi-square, wald test dan odd ratio.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara parsial (1) Pelayanantransportasi berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumen dalammemilih jasa transportasi (sig 0,044 < α = 0,05), dengan odd ratio 3,027 (2)kenyamanan transportasi berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumendalam memilih jasa transportasi (sig 0,026 < α = 0,05), dengan odd ratio 0,221 (3)tarif berpengaruh signifikan terhadap permintaan jasa transportasi (sig 0,003 < α =0,05) dengan odd ratio 0,218. (4) Secara bersama-sama pelayanan transportasi,kenyamanan transportasi, dan tarif berpengaruh signifikan terhadap permintaankonsumen dalam memilih jasa transportasi (sig 0,000 < α = 0,05).Dari hasil penelitian ini maka diharapkan kepada perusahaan pemilik jasatransportasi khususnya untuk jurusan Sawahlunto-Padang agar lebihmeningkatkan perhatian dari segi pelayanan, kenyamanan, ataupun tarif gunameningkatkan minat konsumen untuk menggunakan jasa transportasi dan jugauntuk meningkatkan loyalitas konsumen dalam memilih jasa transportasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permintaan Jasa Transportasi, Pelayanan Transportasi, Kenyamanan dan Tarif.
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:03
Last Modified: 08 Sep 2025 03:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23594

Actions (login required)

View Item
View Item