Hubungan Antara Self-Efficacy Siswa dengan Kemandirian Belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 8 Padang

Suhendar, Hen Hen (2016) Hubungan Antara Self-Efficacy Siswa dengan Kemandirian Belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_HEN_HEN_SUHENDAR_1202095_3084_2016.pdf] Text
final_B1_9_HEN_HEN_SUHENDAR_1202095_3084_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kemandirian belajar Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMKN 8 Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Keyakinan siswa dalam belajar di sekolah merupakan salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi kemandirian belajarnya. Dengan self-efficacy dan kemandirian belajar yang tinggi, maka proses pembelajaran pun akan terlaksana dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Adapun hipotesis pada penelitian ini yaitu: adanya hubungan yang positif dan berarti antara Self-Efficacy Siswa dengan Kemandirian Belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Di SMKN 8 Padang.
Penelitian ini bersifat korelasional, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara self-efficacy siswa dengan kemandirian belajar pada Mata Diklat Alat Ukur. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang terdaftar pada semester Januari-Juni 2016 dan sekarang masih aktif yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian sebanyak 51 siswa yang diambil berdasarkan rumus Slovin dan Proportional Random Sampling. Data self efficacy siswa dan kemandirian belajar diambil menggunakan angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Jenis analisis data penelitian ini yaitu korelasi Pearson Product Moment, untuk menguji keberartian korelasi r digunakan uji t.
Dari hasil penelitian diperoleh tingkat pencapaian variabel (X) sebesar 65,99% (kategori kurang) dan tingkat pencapaian variabel (Y) sebesar 67,71% (kategori kurang). Adanya hubungan yang positif dan signifikan dengan koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,454 > 0,276 dan uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (3,566 > 2,012) pada taraf signifikan 5%. Kekuatan hubungan self-efficacy siswa dengan kemandirian belajar pada Mata Diklat Alat Ukur Kelas X program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 8 Padang sebesar 0,454 (r = 0,454) yang mana tingkat hubungan tersebut tergolong cukup kuat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy Siswa, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:06
Last Modified: 04 Sep 2025 07:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item
View Item