Herawati, Hefi (2012) Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Bermain Pasir di TK Aisyiah Bustanul Athfal Simpang Tiga Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_9_HEFI_HERAWATI_58530_2674_2012.pdf [thumbnail of final_B1_9_HEFI_HERAWATI_58530_2674_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_9_HEFI_HERAWATI_58530_2674_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan anak dalam mengembangkan sosial emosional di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Simpang Tiga Pasaman Barat. Hal ini disebabkan karna kurangnya variasi kegiatan atau metode dalam pengembangan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengembangan sosial melalui kegiatan bermain pasir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak TK ABA Simpang III kelompok B1 dengan jumlah murid 15 orang, 7 anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara, dan dokumentasi, teknik yang yang digunakan dalam mengelah data adalah dengan menggunakan persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, disetiap siklus terdiri,3 kali pertemuan. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengekspresikan emosi dari siklus I yang pada umumnya masih rendah. Setelah dilakukan tindakkan pada siklus II mengalami peningkatan.
Peningkatan kemampuan dalam mengembangkan sosial emosional terlihat dengan tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak yang mana hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak mencapai criteria ketuntasan minimal ( KKM ) yang telah ditetapkan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bermain pasir dapat meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan sosial emosional pada anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Simpang Tiga Pasaman Barat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sosial emosional anak, bermain pasir, penelitian tindakan kelas, pendidikan anak usia dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:04 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23463 |