Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini dengan Permainan Geometri di TK Tunas Harapan Kota Solok

Hasmiati, Hasmiati (2012) Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini dengan Permainan Geometri di TK Tunas Harapan Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_HASMIATI_50934_525_2012.pdf] Text
final_B1_9_HASMIATI_50934_525_2012.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang kecerdasan logika-matematikanya belum berkembang sebagaimana mestinya. Hal ini disebabkan karena guru kurang kreatif untuk menciptakan media yang digunakan anak. Selain itu, dalam memahami konsep geometri anak juga masih rendah (di bawah KKM yang diterapkan). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dengan permainan geometri di TK Tunas Harapan Simpang Rumbio Kota solok.
Manfaat dari penelitian tindakan kelas ini, dapat memperbaiki metode pembelajaran bagi guru, untuk memberikan bekal dasar yang kuat dan dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak serta sebagai sarana mewujudkan anak sebagai sumber daya manusia yang berkualitas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan guru demi tercapainya tujuan pendidikan. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok B2 (Fashlil Shafa) di TK Tunas Harapan Simpang Rumbio Kota Solok Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 orang anak dengan menggunakan media berupa kepingan geometri, balok, dan puzzle. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah persentase dengan tabel frekuensi.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan logika matematika anak. Pada siklus pertama kecerdasan logika-matematika anak pada umumnya masih terlihat rendah dan belum berkembang dan dilanjutkan pada siklus kedua. Pada siklus kedua ini kecerdasan logika-matematika anak telah meningkat dengan nilai amat baik. Ini terlihat dengan tercapainya persentase tingkat keberhasilan anak, dengan hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan logika matematika, permainan geometri, pendidikan anak usia dini, penelitian tindakan kelas, media pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:59
Last Modified: 04 Sep 2025 06:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item
View Item