Asmi, Suci Katul (2013) Pengenalan Bacaan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini melalui Metode Kibar di RA Al-Qur’an Thawalib Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SUCI_KATUL_ASMI_11973_5188_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_SUCI_KATUL_ASMI_11973_5188_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SUCI_KATUL_ASMI_11973_5188_2013.pdf
Download (691kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sekolah yang telah memakai suatu metodebaru dalam pengenalan bacaan Al-Qur’an pada anak, dengan hasil anak memahamimasing-masing konsep dari huruf hijaiyah sehingga anak cepat dan fasih dalammembaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalampengenalan bacaan Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode kibar di RA AlQur’an Thawalib Padang Panjang yang meliputi perencanaan pengenalan bacaan AlQur’an melalui kibar, pelaksanaan pengenalan bacaan Al-Qur’an melalui kibar padaanak, dan menjelaskan evaluasi yang dilakukan guru dalam pengenalan bacaan AlQur’an melalui kibar pada anak di RA Al-Qur’an Thawalib Padang Panjang.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatankualitatif, penelitian ini dilakukan di RA Al-Qur’an Thawalib Padang Panjang.Informan penelitian ini adalah guru-guru dan kepala sekolah di RA Al-Qur’anThawalib Padang Panjang. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi, teknikwawancara, dan teknik dokumentasi kemudian data dianalisis dengan menggunakananalisis observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah melaksanakanpengenalan bacaan Al-Qur’an melalui metode kibar sebagaimana mestinya yaitudengan merencanakan Rancangan Kegiatan Harian (RKH) dan suatu program khususuntuk metode kibar yang kemudian dimasukkan ke dalam Rancangan KegiatanMingguan (RKM). Strategi dalam pengenalan bacaan Al-Qur’an melalui metodekibar yaitu pertama secara klasikal dengan memakai media kartu huruf hijaiyahdengan metode tanya jawab / bercakap-cakap, bernyanyi serta melalui permainan danyang kedua secara individual yang dimulai dari tahap kibar A, kibar B dan kibar C,yang masing kibar mempunyai prinsip pembelajaran yang harus dikuasai anak.Evaluasi dilakukan saat pembelajaran berlangsung dengan membuatnya pada kartuprestasi kibar dan RKH.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE KIBAR, PAUD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:57 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23387 |