Pengembangan Kognitif Anak melalui Permainan Kartu Angka di PAUD Anggrek Kelurahan Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan.

Aziz, Sjofia (2013) Pengembangan Kognitif Anak melalui Permainan Kartu Angka di PAUD Anggrek Kelurahan Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SJOFIA_AZIZ_98903_114_2013.pdf] Text
final_B1_7_SJOFIA_AZIZ_98903_114_2013.pdf

Download (267kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terlihat masih banyak anakyang belum mampu mengembangkan daya persepsinya, anak tidak mampumelatih ingatannya terhadap semua peristiwa dan kejadian yang pernahdialaminya, anak tidak mampu mengembangkan pemikiran-pemikiran dalamrangka menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa yang lainnya, anak tidakmampu memahami simbol-simbol yang tersebar di dunia. Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif dalam mengenal angka,mendeskripsikan kemampuan kognitif anak dalam menghubungkan angka,mendeskripsikan kemampuan kognitif anak dalam menyusun kartu angka.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitianadalah PAUD Anggrek Kelurahan Padang Kecamatan Padang Selatan sebanyak20 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Penelitiandilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 3 kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal konsepangka rata-rata kemampuan anak pada siklus I mencapai kategori cukupmeningkat pada siklus II dengan kategori baik, kemampuan anak menghubungkanangka rata-rata kemampuan anak mencapai kategori cukup meningkat pada siklusII dengan kategori amat baik, kemampuan anak menyusun kartu angka rata-ratakemampuan anak pada siklus I mencapai kategori cukup meningkat pada siklus IIdengan kategori amat baik. Berdasarkan kesimpulan pada penelitian tindakankelas ini dikemukakan saran-saran untuk kepala sekolah hendaknya melengkapisarana dan prasarana, kepada guru untuk dapat menggunakan berbagai mediadalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak, kepada penelitiselanjutnya agar meneliti lebih mendalam tentang kegiatan untuk meningkatkansosial emosional anak, kepada peneliti selanjutnya agar meneliti lebih mendalamtentang kegiatan bermain peran menggunakan boneka untuk meningkatkankemampuan sosial emosional anak dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK, PERMAINAN KARTU ANGKA, PAUD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:59
Last Modified: 01 Sep 2025 06:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item
View Item