Peningkatan Pengenalan Membaca Anak Melalui Permainan Dore di TK Aisyiyah Padang Panjang

Afriyeni, Afriyeni (2012) Peningkatan Pengenalan Membaca Anak Melalui Permainan Dore di TK Aisyiyah Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_AFRIYENI_08375_345_2012.pdf] Text
final_B1_9_AFRIYENI_08375_345_2012.pdf

Download (730kB)

Abstract

Pembelajaran membaca yang dilakukan selama ini kelihatan kurang menarik dan kurang semangat anak dalam melakukannya. Anak merasa, bosan dan jenuh dalam melakukan kegiatan, didalam menghubungkan, menyebutkan tulisan dengan simbol, menghubungkan kata dengan gambar, hal ini disebabkan kurang bervariasinya metode yang digunakan, kurang menariknya media, melalui permainan dore dapat meningkatkan pengenalan membaca anak.
Jenis pendidikan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian murid TK Aisyiyah Padangpanjang pada kelompok B2 dengan jumlah murid 15 orang, 8 orang anak laki laki dan 7 anak perempuan, pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan siklus I belum tercapai dan dilanjutkan pada siklus II kemampuan membaca anak meningkat pada siklus II karena permainan dore pada siklus II lebih di variasikan lagi dengan memakai gunduh/ dadu dan anak bersemangat dan gembira dalam melakukan kegiatan permainan dore yang dapat meningkatkan pengenalan membaca anak

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan membaca anak, permainan Dore, media pembelajaran, motivasi belajar anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PZ Children's literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:39
Last Modified: 20 Aug 2025 03:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22111

Actions (login required)

View Item
View Item