Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi: Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Kota Padang

Wahyu, Atika Mutia (2015) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi: Studi Empiris Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ATIKA_MUTIA_WAHYU_56360_891_2015.pdf] Text
final_B1_6_ATIKA_MUTIA_WAHYU_56360_891_2015.pdf

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris mahasiswa jurusan akuntansi di kota padang) Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa akuntansi perguruan tinggi di kota Padang. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling sebanyak 4 perguruan tinggi di kota Padang dengan responden sebanyak 140 orang mahasiswa akuntansi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jenis dan sumber data adalah data primer. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa (2) perilaku belajar berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan bagi penelitian selanjutnya hendaknya menambah variabel lain yang mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa diantaranya kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:25
Last Modified: 15 Aug 2025 02:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

View Item
View Item