Penggunaan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 34 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Murni, Aslina (2012) Penggunaan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 34 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ASLINA_MURNI_95338_2539_2012.pdf] Text
final_B1_6_ASLINA_MURNI_95338_2539_2012.pdf

Download (339kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas IV SDN 34 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam pada tanggal 7 Juli 2011 ditemui permasalahan, bahwa guru kurang inovatif dalam menggunakan model pembelajaran, dimana model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) belum pernah dilaksanakan, guru belum mengorganisir tugas masing-masing anggota kelompok dengan tepat, sehingga yang mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan hanya sebagian kecil anggota kelompok saja. Selanjutnya dalam proses pembelajaran, kegiatan guru didominasi olehmetoda ceramah dan mencatat, kegiatan siswa hanya mendengarkan dan memperhatikan. Keadaan ini menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN 34 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian yang menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) adalah pembelajaran dengan bekerja dalam kelompok, dimana setiap anggota kelompok mendapat nomor yang berbeda dalam kelompoknya masing-masing. Untuk mencek pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas dalam LKS, dilakukan dengan menunjuk nomor yang dipanggil untuk menjawab pertanyaan sebagai wakil jawaban kelompoknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis (PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan I, sebagian siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT. Pada pertemuan II sudah mulai terbiasa dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 66% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 74% pada siklus I pertemuan 2. Dan pada siklus II peretemuan 1 rata-rata meningkat menjadi 81% dan pada silkus II pertemuan 2 menjadi 86%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 34 Pasar Durian Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe NHT, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:36
Last Modified: 13 Aug 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21378

Actions (login required)

View Item
View Item