RW, Armida Yesti (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pagambiran Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARMIDA_YESTI_RW_09470_716_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARMIDA_YESTI_RW_09470_716_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARMIDA_YESTI_RW_09470_716_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa dalam proses pembelajaran hanya pasif mendengarkan apa yang disampaikan guru. Guru menjadi sumber belajar utama dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 37 Pagambiran Padang. Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari empat tahap yaitu ; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 37 Pagambiran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar IPA. Peningkatan dapat dilihat pada siklus I persentase nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa yang diperoleh pada aspek kognitif 68%(C) ,aspek afektif 75%(B) dan aspek psikomotor 76%(B) Siklus II persentase nilai rata-rata kelas hasil belajar siswa yang diperoleh pada aspek kognitif 97%(SB),aspek afektif 83%(SB) dan aspek psikomotor 86%(SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar mengidentifikasi wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat-sifat tertentu di kelas IV SD Negeri 37 Pagambiran Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Eksperimen, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21272 |