Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Operasi Hitung Perkalian dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Sei Lolo Kabupaten Pasaman

Arjun, Arjun (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Operasi Hitung Perkalian dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Sei Lolo Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ARJUN_52618_4140_2012.pdf] Text
final_B1_6_ARJUN_52618_4140_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar sifat-sifat operasi hitung perkalian di kelas IV SD Negeri 04 Muaro Sei Lolo masih rendah, dan pembelajaran masih berpusat kepada guru. Untuk itu peneliti tertarik untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran matematika khususnya pembelajaran sifat-sifat operasi hitung perkalian dengan model kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Sifat-sifat Opersi Hitung Perkalian Dengan Model kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD Negeri 04 Muaro Sei Lolo Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran sifat-sifat operasi hitung perkalian dengan model kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Negeri 04 Muaro Sei Lolo. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV SD Negeri 04 Muaro Sei Lolo yang berjumlah sebanyak 26 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes awal dengan rata-rata 51,54 dan pada tes kedua tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 59,23, sedangkan pada tes awal tindakan siklus II rata-rata nilai siswa yakni 64,23 dan pada tes kedua rata-rata nilai siswa 76,54. Jadi pembelajaran sifat-sifat operasi hitung perkalian dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sifat-Sifat Operasi Hitung Perkalian, Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:44
Last Modified: 13 Aug 2025 04:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21248

Actions (login required)

View Item
View Item