Desanti, Ari (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode Preview, Questions, Read, Summarize and Test (PQRST) di Kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Bas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARI_DESANTI_93655_2463_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARI_DESANTI_93655_2463_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARI_DESANTI_93655_2463_2012.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca siswa Sekolah Dasar (SD). Kenyataan di lapangan yang menerapkan pembelajaran secara konvensional diduga menimbulkan kejenuhan pada diri siswa sehingga berdampak negatif pada keterampilan membaca siswa,salah satunya membaca pemahaman. Pembelajaran membaca pemahaman di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik, sehingga mampu meningkatkan nilai siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek membaca. Untuk mengatasi permasalahan ini salah satu solusi yang dapat digunakan adalah penggunaan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, and Test) yang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa Sekolah Dasar terutama dalam membaca pemahaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dalam pembelajaran membaca pemahaman di kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti. Hasil penelitian siklus I menunjukkan hasil membaca pemahaman siswa tahap prabaca dengan rata-rata perolehan nilai 68% sedangkan pada siklus II 73%. Sedangkan pada tahap saat baca, membaca pemahaman siswa pada siklus I di peroleh rata-rata nilai siswa 61% dan siklus II 70%. Dan sedangkan nilai yang di peroleh siswa saat pascabaca siklus I dengan rata-rata 63% dan siklus II 80%. Untuk hasil belajar membaca pemahaman siklus I diperoleh rata-rata nilai siswa 61 % dan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa 79%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Baringin Anam Kecamatan Baso, penggunaan metode PQRST terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa pada saat tes yang telah memuaskan dan mencapai KKM sekolah yaitu 70.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca, Metode PQRST |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21146 |