Peningkatan Kognitif Anak Melalui Permainan Congklak Wadah Telur di Taman Kanak-kanak Aisyiyah VII Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Media, Rusfita (2012) Peningkatan Kognitif Anak Melalui Permainan Congklak Wadah Telur di Taman Kanak-kanak Aisyiyah VII Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_RUSFITA_MEDIA_57279_4429_2012.pdf] Text
final_B1_7_RUSFITA_MEDIA_57279_4429_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi adalah anak belum bisa menghubungkan konsep bilangan dengan benda, anak belum bisa mengenal konsep bilangan, kurang mampunya anak mengurutkan bilangan. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kognitif anak yaitu melalui permainan congklak wadah telur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini mengenal konsep bilangan dengan benda melalui permainan congklak wadah telur di TK Aisyiyah VII Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid TK Aisyiyah VII Padang pada kelompok B1 yang berjumlah 12 orang pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, masing masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi dan format hasil penilaian anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I peningkatan kognitif anak pada umumnya masih terlihat kurang baik sesuai dengan persentase tingkat keberhasilan dan dilanjutkan pada siklus II peningkatan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil yang positif, terlihat dari persentase tingkat keberhasilan untuk setiap indikatornya, sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak sangat memuaskan. Hal ini membuktikan bahwa permainan congklak wadah telur dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Aisyiyah VII Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif anak, konsep bilangan, permainan congklak wadah telur, anak usia dini, penelitian tindakan kelas.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:43
Last Modified: 12 Aug 2025 06:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item
View Item