Peningkatan Kreativitas Membangun melalui Permainan Balok Gabus di TK Melati Kampung Dalam Padang Pariaman

Andrayana, Vika (2012) Peningkatan Kreativitas Membangun melalui Permainan Balok Gabus di TK Melati Kampung Dalam Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_VIKA_ANDRIYANA_57318_136_2013.pdf] Text
final_B1_7_VIKA_ANDRIYANA_57318_136_2013.pdf

Download (984kB)

Abstract

Kreativitas anak dalam bidang seni belum berkembang dengan baik, hal ini disebabkan kurangnya kemampuan guru dalam metode kegiatan mengajar, media yang kurang menarik, belum di temukan strategi yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dalam membangun dengan menggunakan balok gabus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian di TK Melati Kampung Dalam Padang Pariaman, kelompok B1 berjumlah 15 orang anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I diadakan tiga kali pertemuan dan siklus II juga diadakan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah dan dilanjutkan pada siklus II peningkatan kreativitas membangun menjadi lebih meningkat serta menunjukan hasil yang positif, sehingga rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas anak,seni,Balok gabus,Siklus I dan Siklus II,Ketuntasan Kriteria Minimal (KKM)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:35
Last Modified: 08 Aug 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20631

Actions (login required)

View Item
View Item