Penggunaan Model Group investigation (Gi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV SDN 06 Pulai Anak Air Kec. Mandi Angin Koto Selayan Bukittinggi

Yenti, Anna Iva (2013) Penggunaan Model Group investigation (Gi) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas IV SDN 06 Pulai Anak Air Kec. Mandi Angin Koto Selayan Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANNA_IVA_YENTI_09323_3531_2013.pdf] Text
final_B1_6_ANNA_IVA_YENTI_09323_3531_2013.pdf

Download (150kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi dari kenyataan di lapangan yang ditemui si SD Negeri 06 Pulai Anak Air bahwa guru cenderung bersifat ekspositoris dan guru sentris, kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, sering memberikan hafaln materi. Sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk rancangan, pelaksanaan. Dan evaluasi belajar pada penggunaaan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SDN 06 Pulai Anak Air Kecematan Pulai Anak Air Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Pelaksaan pembelajaran dilakukan dengan penggunaan model Group Investigation yaitu model pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan dengan cara mencari dan menemukan informasi (gagasan, opini, data, solusi) dari berbagai macam sumber (buku-buku, institusi-institusi, orang-orang) di dalam dan di luar kelas. Langkahlangkah pembelajaran Group Investigation adalah: 1) Mengidentifikasi topic dan mengatur siswa ke dalam kelompok, 2) Merencanakan tugas yang akan dipelajari, 3) Melaksanakan investigasi, 4) Menyiapkan laporan akhir, 5) Mempresentasikan laporan akhir, dan 6) Evaluasi. Dari hasil yang telah peneliti lakukan, pada siklus I diperoleh hasil penilaian RPP dengan skor 82,5% (baik), hasil penilaian observasi untuk guru 76,5% (baik), hasil penilaian observasi untuk siswa 66% (cukup) dan hasil belajar mencapai 70,7. Pada siklus II diperoleh hasil penilaian RPP dengan skor 95,5 % (sangat baik), hasil penilaian observasi untuk guru 89,5 % (sangat baik), hasil penilaian observasi untuk siswa 84% (baik) dan hasil belajar mencapai 85,3. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Group investigation (Gi), Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:58
Last Modified: 06 Aug 2025 09:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20561

Actions (login required)

View Item
View Item