Murni, Ayu Fitri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN. 36 Koto Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AYU_FITRI_MURNI_93665_4270_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AYU_FITRI_MURNI_93665_4270_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AYU_FITRI_MURNI_93665_4270_2012.pdf
Download (517kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik hanya duduk, diam, dengar, dan mencatat materi yang disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan metoda pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran. Sebahagian peserta didik takut dan malu bertanya kepada guru, jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran mereka berdiam diri saja, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dilakukan PTK dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 25 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Dari hasil observasi aktivitas peserta didik dari 64,3% siklus I pertemuan 1 menjadi 74,07% pertemuan II, pada siklus II pertemuan I 78,57 dan menjadi 92,85%. Sementara itu hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari rata-rata 70,73 pada siklus I menjadi 81,08 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Keterampilan Proses |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20545 |