Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 06 ATTS Kota Bukittinggi

Sari, Anggun Purnama (2016) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 06 ATTS Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ANGGUN_PURNAMA_SARI_1204922_4965_2016.pdf] Text
final_B1_6_ANGGUN_PURNAMA_SARI_1204922_4965_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian diawali dengan kegiatan observasi. Hasil observasi menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hal ini dikarenakan guru kurang melatih siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SDN 06 ATTS. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa kelas IV yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2x pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 72,22% (C) meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (AB), juga terlihat pada rata-rata hasil pengamatan aspek guru siklus I adalah 75 % (C) meningkat pada siklus II menjadi 95% (AB). Pada aspek siswa didapat rata-rata siklus I adalah 70 % (K) meningkat pada siklus II menjadi 93,33% (AB). Sedangkan rata-rata penilaian pengamatan keterampilan berpikir kritis siklus I adalah 60,66 % (C) dan meningkat pada siklus II yaitu 83,22 (A-).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik Terpadu, Model Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:42
Last Modified: 06 Aug 2025 05:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item
View Item