Kameldi, Ayu (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AYU_KAMELDI_52336_5634_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AYU_KAMELDI_52336_5634_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AYU_KAMELDI_52336_5634_2012.pdf
Download (236kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA dimana selama ini masih berpusat kepada guru. Sehingga berlangsung pembelajaran IPA yang membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPA yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan dengan dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme di kelas IV SD Negeri 02 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Muaro paiti Kecamatan Kapur IX yang berjumlah 25 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut tercemin dalam hasil penilaian terhadap kemampuan guru dalam merancang pembelajaran pada siklus I 69, dan pada siklus II 93. Penilaian aktifitas guru pada siklus I adalah 68 dan pada siklus II 91. Penilaian aktifitas siswa pada siklus I adalah 73 dan pada siklus II adalah 92. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I 72 dan siklus II 83. Pada aspek psikomotor siklus I diperoleh rata-rata 73 dan pada siklus II 82. Pada aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata 66 dan siklus II 77. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:54 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20451 |