Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang

Anggraini, Vivi (2015) Pengaruh Penggunaan Mind Map Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_VIVI_ANGGRAINI_1100762_131_2015.pdf] Text
final_B1_7_VIVI_ANGGRAINI_1100762_131_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kanak-kanak DarulFalahLubukBuaya, Padang bahwa kemampuan motorikhalus anak belum berkembang dengan baik. Untuk itulah penggunaan, Mind Mapmencoba untuk memberikan variasi media dalam mengembangkan motorik halusanak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaanMind Ma terhadap kemampuan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Mind Map terhadap kemampuan motori khalus anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperiment. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya yang berjumlah 78 orang yang terbagi dalam 4 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B4 masing-masingnya berjumlah 16 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 10 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan Mind Map memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan LembarKerjaAnak (LKA). Berdasarkan perhitungan padaD t-test diperoleh D lebih besardari , menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapdapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorikhalus anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya semester satupada tahun ajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik halus anak,Quasy experiment,t-test,Cluster Sampling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:42
Last Modified: 05 Aug 2025 08:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20427

Actions (login required)

View Item
View Item