Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang

Andilau, Ayu (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AYU_ANDILAU_11871_1022_2014.pdf] Text
final_B1_6_AYU_ANDILAU_11871_1022_2014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang bahwa kemampuan menulis karangan narasi masih rendah. Kendalanya antara lain siswa sulit menuangkan ide kedalam bentuk tulisan, kerangka karangan yang ditulis siswa tidak memperhatikan urutan waktu, pemilihan kata yang kurang tepat seperti banyak pengulangan-pengulangan kata dan penggunaan kata yang mubazir, alur karangan narasi yang dibuat siswa kurang jelas dan sulit dipahami, siswa belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada tahap pramenulis, pada tahap menulis dan pada tahap pascamenulis bagi siswa kelas V SD Negeri 19 Air Tawar Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peneliti dan siwa kelas V SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang yang berjumlah 22 orang. Penelitian dengan menggunakan TPS berhasil menigkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan menulis narasi terjadi peningkatan pada tahap pramenulis siklus I dari nilai 64,77 meningkat menjadi 80,15 pada siklus II. Pada tahap menulis siklus I dari nilai 58,25 meningkat menjadi 78,40 pada siklus II, pada tahap pascamenulis siklus I dari nilai 67,33 meningkat menjadi 83,24 pada siklus II. Dari hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase 65,38% siklus I meningkat menjadi 86,53%, sedangkan hasil observasi aktivitas peneliti diperoleh persentase 78,84% siklus I meningkat menjadi 92,30% pada siklus II

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Menulis Narasi, Pembelajaran, Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:01
Last Modified: 05 Aug 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item
View Item