Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Surat Kabar Padang Ekspres di Kota Padang

Putrisyamali, Hilma (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Surat Kabar Padang Ekspres di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_HILMA_PUTRISYAMALI_77874_2370_2012.pdf] Text
final_B1_8_HILMA_PUTRISYAMALI_77874_2370_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh harga terhadap permintaan Surat kabar Padang Ekspres (2) Pengaruh Harga Barang Substitusi terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (3) Pengaruh pendapatan terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (4) Pengaruh selera konsumen terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (6) Pengaruh harga, harga barang substitusi, pendapatan, selera konsumen, terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres di kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari 44 sampel konsumen Padang Ekspres dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket penarikan sampel dengan teknik accendential sampling. Teknik analisis data adalah deskriptif dan induktif. Analisis induktif terdiri dari Uji Prasyarat Analisis yaitu Uji Multikolinearitas, Uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F test dengan α = 0 , 05 dan Analisis Determinasi (R2).
Hasil penelitian ini (1) harga berpengaruh positif yang signifikan terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (sig = 0,001) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,075 satuan (2) Harga Barang Substitusi berpengaruh positif yang signifikan terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (sig = 0,000) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,074 (3) pendapatan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (sig = 0,154) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,017 satuan (4) selera konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres (sig = 0,000) dengan tingkat pengaruh sebesar 0,103 satuan (5) Secara bersama-sama harga, harga substitusi, pendapatan konsumen, dan selera konsumen secara bersamaan memberikan pengaruh terhadap permintaan Surat Kabar Padang Ekspres dengan nilai Fhitung = 32,550 > Ftabel = 2,468 atau signifikan yang diperoleh 0,000 pada α 0,05 dengan sumbangan variabel X1, X2, X3,X4 dan X5 bersama-sama terhadap Y sebesar 58,1% dapat dilihat pada hasil Analisis Koefisien Determinasi. Penulis menyarankan Surat Kabar Padang Ekspres yang didukung oleh PT. Padang Intermedia Pers agar meningkatkan inovasi dan kreasi yang lebih baik, penetapan harga yang sesuai dengan utilitas yang diberikan pada konsumen, serta peningkatan kualitas informasi guna meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk Surat Kabar Padang Ekspres

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor permintaan, surat kabar, Padang Ekspres, Kota Padang
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:07
Last Modified: 04 Aug 2025 07:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20177

Actions (login required)

View Item
View Item