Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa Kelas V SD Negeri 31 Kinali Pasaman Barat.

Bainah, Bainah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa Kelas V SD Negeri 31 Kinali Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_BAINAH_58409_5156_2012.pdf] Text
final_B1_6_BAINAH_58409_5156_2012.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ditemukan di Sekolah Dasar Negeri 31 Kinali bahwa guru masih menggunakan pendekatan konvensional berupa ceramah dan penugasan, guru belum memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran sesuai dengan pengalamannya, guru belum menerapkan metode diskusi, dan guru juga belum memberikan model terkait pembelajaran sehingga siswa kurang telibat aktif dan proses pembelajaran bersifat monoton yang terpusat pada guru (teacher centered). Hal ini menyebabkan hasil belajar perbandingan rendah (tidak mencapai KKM yang ditetapkan sekolah). Penggunaan pendekatan CTL merupakan salah satu alternatif untuk memecahkan masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar perbandingan dengan pendekatan CTL di kelas V SDN 31 Kinali Pasaman Barat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berkenaan dengan perbaikan / peningkatan proses pembelajaran disuatu kelas, dan kuantitatif untuk melihat berapa peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah tindakan dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 31 Kinali yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 18 orang laki-laki. Menerapkan ketujuh komponen utama CTL dalam proses pembelajaran yaitu : 1) kontruktivisme, 2) inkuiri, 3) bertanya, 4) masyarakat belajar, 5) pemodelan, 6) refleksi, 7) penilaian. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam empat tahap tindakan yaitu: 1) perencanaan. 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi, yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran sedangkan sebagai pengamat adalah teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran perbandingan dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada: a) hasil belajar siswa aspek kognitif akhir siklus I menunjukan rata-rata 6,70 meningkat menjadi 8,12 pada siklus II. b) rata-rata skor aspek afektif siswa pada siklus I adalah 53,52 % meningkat menjadi 82,64 % pada siklus II. c) rata-rata skor aspek psikomotor siswa pada siklus I 59,84 % meningkat menjadi 80,33 % pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Perbandingan, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:05
Last Modified: 04 Aug 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item
View Item