Zuarny, Wani (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Dadu Suku Kata di TK Aisyiyah Kubang Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WANI ZUARNY_57354_4591_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_WANI ZUARNY_57354_4591_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WANI ZUARNY_57354_4591_2012.pdf
Download (7MB)
Abstract
Kemampuan membaca anak kelompok B3 di TK Aisyiyah Kubang Lubuk Basung masih rendah. Hal ini terlihat masih banyak anak yang belum mampu membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama. Pemilihan metode dan media yang tidak tepat oleh guru menjadi penyebab terjadinya kondisi ini. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan dadu suku kata di TK Aisyiyah Kubang Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Aisyiyah Kubang Lubuk Basung yang berjumlah 20 orang, tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, kemudian diolah dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian rata-rata persentase kemampuan membaca anak dapat dilihat dari sebelum tindakan, sampai siklus II. Sebelum tindakan kemampuan membaca anak masih rendah, pada siklus I mulai meningkat namun belum mencapai KKM. Pada siklus II meningkat lagi dan sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui permainan dadu suku dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B3 di TK Aisyiyah Kubang Lubuk Basung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca anak,Kelompok B3,ermainan dadu suku kata,Metode dan media pembelajaran,Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM),Observasi dan dokumentasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Zul Fikri Haikal |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19952 |