Ayunizalmi, Ayunizalmi (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Mmnggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AYUNIZALMI_161229014_4050_2020.pdf [thumbnail of final_B1_6_AYUNIZALMI_161229014_4050_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AYUNIZALMI_161229014_4050_2020.pdf
Download (4MB)
Abstract
belajaran tematik terpadu yang masih rendah. Hal ini disebabkan karenapembelajaran masih berpusat pada guru, siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, guru kurang memupuk kemampuan siswa untukmemecahkan suatu masalah nyata yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitianini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajarantematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning (PBL) di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakanpendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVsebanyak16orang, peneliti berperan sebagai praktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperolehnilai rata-rata 83,33% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35% dengan kualifikasi Cukup (B), meningkat pada siklus II 92,85%dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklusI diperoleh nilai 80,35% dengan kualifikasi Cukup (B), meningkat pada siklus II 92,85% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai 72,72% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II 81% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Jadi dapat disimpulkan bahwa denganmenggunakan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkanhasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19845 |